Jalan-jalan ke Rumah Ahok di Belitung

Pas muncul ide jalan jalan ke Belitung, yang pertama jadi tujuan utamaku memang ke Kampung Ahok. Maklumlah, beta ini fans garis berat pak Ahok, jadi penasaran sekali ingin lihat tempat beliau menghabiskan masa kecil. Hahaha.

Nah, karna hari pertama dan hari kedua jadwal sudah penuh, kami putuskan ke Kampung Ahoknya hari ketiga saja. Lalu kami suruh pihak hotel cari mobil carteran untuk satu hari dan katanya ready. Eh besoknya pas mau berangkat, ternyata mobil yang dipesan nggak ada. Karna libur lebaran, semua mobil rental full disewa orang. Kami kesal dong. Kog bisa bisanya sehari sebelumnya pihak hotel bilang ada.

Akhirnya kami googling rental mobil di seluruh Tanjung Pandan dan mulailah telepon, SMS, WA. Ada kali 20 nomor kami telepon semuanya full. Gak ada mobil yang bisa disewa. Suami dan anak anak udah pada balik ke kamar dan tiduran. Tapi aku tetap ngotot harus ke sana, entah dengan cara apapun. Hahaha. Akhirnya kami coba cari motor dan dibantu pihak hotel yang sudah merasa bersalah. Setelah satu jam, akhirnya ada dua motor matic yang bisa disewa dengan harga sewa 175 ribu permotor. Dua motor sewanya jadi 350 ribu. Sudah sama dengan sewa mobil hahaha.

motor

Jam satu siang aku, suami dan dua anak berangkat naik motor, dengan catatan aku saja yang semangatnya semangat 45, yang lain pada setengah hati. Hahaha. Jarak dari hotel ke Kampung Ahok itu 71 km. Kebayang gak gimana panasnya pantat? Udah gitu, kami kira jalannya ya kayak jalanan di kota, melewati rumah rumah penduduk. Eh ternyata melewati hutan dan sawit. Makjang :v Di tengah jalan hujan turun sehingga mesti berteduh dua kali. Untungnya jalan raya di sana benar benar bagus dan tidak ada angkutan atau bus. Jadi benar benar lancar jaya . Makanya bisa sampai di tujuan dalam waktu 1,5 jam. Coba kalo di jakarta, jarak 71 km bisa bisa sampainya setelah 8 jam. Hahahah.

Sampai di sana basah kuyup dan rambut acak acakan. Tapi senang luar biasa karna cita citaku kesampaian juga. Dan satu keberuntungan pula, ibunda pak Ahok sedang di rumah dan baru selesai istrihat sehingga berkenan mempersilahkan pengunjung masuk. Kesempatan baik ini kupergunakan untuk foto foto di segala sudut rumah pak Ahok dan tentu berfoto dengan ibunda pak Ahok yang masih terlihat cantik dan ramah.

Bagaimana bentuk dan isi rumah Ahok bisa kalian lihat di foto foto di bawah ini. Sekedar penjelasan, rumah pak Ahok ini adalah yang paling besar dan megah di lingkungannya. Jadi memang pak Ahok itu udah kaya sedari kecil. Rumahnya luas, bertingkat, halaman luas dan banyak bunga di halaman dekat pagar.  Aku sempat ngobrol sejenak dengan dua orang penduduk di situ dan bertanya soal Ahok di masa kecilnya. Kata mereka Ahok memang dari kecil, sudah senang menolong orang. Misal, dia mau ambil apel dari rumah dan dia kasih ke teman kampung yang belum pernah makan apel. Dan menurut orang yang aku ajak ngobrol, sifat itu menurun dari ayah pak Ahok. Ayah pak Ahok katanya terkenal  suka menolong dan tak bisa menolak. Bahkan mau berutang demi membantu penduduk.

Aku menghabiskan waktu sekitar satu jam di sana. Di samping dan di seberang rumah pak Ahok ada galeri yang menjual berbagai macam souvenir, makanan, kaos, dll. Katanya itu semua hasil karya ibu ibu desa. Sebagai oleh oleh aku membeli sebuah kaos bergambar karikatur Ahok seharga 120 ribu dan sebuah jaket Ahok seharga 275 ribu. Sekitar jam 4 lewat, kamipun pulang ke hotel. Kali ini pulangnya sudah agak santai karna jalanan ramai dan cuaca sore sangat adem. Atau mungkin juga karna hatiku senang udah kesampaian cita cita ke Kampung Ahok, kampung idolaku 😀

b1
Tulisan Kampoeng Ahok ini berada persis di seberang rumah pak Ahok. Rumah panggung di belakang tempat menjual souvenir, baju, makanan, dll

b2

b30

b4
Ini nih penampakan rumah pak Ahok dari halaman. Bangku ini sengaja ditaruh sejak banyak pengunjung
b26
Difoto dari teras. Jadi halamannya memang luas. Di luar pagar langsung jalan raya

b27

b18
Sofa ini berada persis dekat pintu masuk sebelah kanan
b3
Nah, kalo kita masuk, begini nih penampakan ruang tamunya
b13
bagian belakang
b17
Ruang keluarga
b21
Ada banyak foto foto keluarga, dari foto masa kecil sampai dewasa

b20

b19

b14

b12
Senang sekali ibunya pak Ahok mau diajak foto bareng
b9
Ini ibu yang bekerja di rumah pak Ahok. Orangnya terlihat bangga punya majikan keluarga pak Ahok.

b8

b7

b6

b23
Banyak sepeda di ruang belakang
b24
Penting banget berfoto dengan background sepatu sepatu keluarga pak Ahok hahahaha
b22
Di tangga rumahnya pun kunarsiskanlah diriku hahaha
b29
Ada pos satpam juga
b28
Galeri ini persis di sebelah kiri rumah pak Ahok

 

One thought on “Jalan-jalan ke Rumah Ahok di Belitung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s