Museum Macan : Pameran Karya Yayoi Kusama “Life is the heart of a rainbow”

IMG_0109[1]

Ini tempat yang lagi happening banget nih belakangan ini. Siapa tahu kalian punya rencana ke sana tapi bingung di mana tempatnya, gimana kalau mau ke sana, tiketnya beli di mana, berapa harganya, bla bla bla, selamat kalian menemukan blog yang tepat. Di sini aku akan tulis semuanya.

Dikenalnya sih Museum Macan ya, tapi sebenarnya MACAN itu singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum Macan ini merupakan institusi pertama di Indonesia yang memberikan akses publik terhadap koleksi seni modern dan kontemporer. Jadi sebenarnya kan di museum manapun biasanya tidak diperbolehkan berfoto. Nah, di museum macan ini boleh walaupun dengan beberapa ketentuan tertentu. Dan sepertinya justru itu yang membuat museum macan ini mendadak tenar dalam waktu singkat, karna bisa berfoto foto di dalam.

Pameran yang berlangsung dari tanggal 12 Mei -9 September 2018 ini berfokus pada karya Yayoi Kusama, salah satu seniman ternama dunia, yang menjelajahi perkembangan motif dan tema ikoniknya, juga menampilkan motif yang jadi cirikhasnya yakni polkadot, jaring dan labu.

Nah buat yang mau ke sana, di sini aku jelasin satu satu ya.

Museum Macam ini beralamat di AKR Tower Level MM, Jalan Panjang no 5, Kebon Keruk. Jakarta Barat. Buka dari hari Selasa sampai Minggu. Kog hari senin tutup? Woii, semua museum di Jakarta tutup setiap hari senin :v
Harga tiket : Rp.100.000 (dewasa) ; Rp.90.000 (pelajar/lansia) ; Rp.80.000 (anak)
Ada dua pilihan membeli tiket, beli online atau on the spot. Kalau beli on the spot biasanya antri (apalagi kalau weekend), jadi aku sarankan beli online aja. Masuk ke sini, dan klik beli tiket. Nah kalau beli on the spot, mesti nunjukin nih kartu pelajar kalau mau beli tiket pelajar. Kalau beli online tinggal klik pelajar. Di lokasi juga tidak ada suruhan memperlihatkan kartu pelajar, tinggal scan barcode tiket yang dikirimkan via email. Selain itu bisa juga gabung jadi member di website mereka dan beli tiket tahunan. Kayak kartu by pass Dufan gitu lho. Kartu annual pass ini harganya 400 ribuan gitu deh . Jadi selama setahun kalian bisa bebas masuk ke semua pameran mereka. Dan aku juga lagi berpikir untuk beli kartu annual pass ini lho. Soal transportasi ke sana, aku juga gak begitu paham hahhaha. Soalnya ke sana naik mobilnya pake GPS. Tapi gampanglah, cari transportasi yang lewat jalan Panjang dan Jalan Perjuangan.

Beberapa hal yang mesti diperhatikan jikalau berkunjung ke sini adalah:

Jangan bawa kamera. Karna memoto hanya diperbolehkan dengan menggunakan handphone dan itupun tidak boleh pakai flash.

-Jangan bawa makanan dan minuman.

-Jangan bawa tas gede. Nanti disuruh simpan ke tempat penitipan. Jadi teringat kemarin pas di sana, ada cowok di depan aku bawa ransel. Pas di pemeriksaan dia disuruh mesti titip tas, terpaksa dia keluar lagi, nitip tas, dan mulai lagi ngikut antri yang panjangnya sepanjang tol pak Jokowi :v :v Kasihan banget :v

-Kalau bawa anak anak, jangan dilepas. Karna semua hasil karya di pameran ini tidak boleh disentuh, tidak boleh bersandar, tidak boleh diduduki. Dan hendaknya sebagai pengunjung yang baik, kita mesti mematuhi.

-Usahakan datang saat weekday biar gak terlalu ramai. Waktu berkunjung hanya dua jam dan ada sesinya. Sesi yang lumayan sepi itu jam 10.00 pagi dan sesi sore menjelang malam gitu. 

IMG_0130[1]
Antrian di pintu masuk
IMG_0129[1]
Antrian untuk berfoto di ruangan

 

 

Nah, kalau udah sampai di ruangan pameran, kalian akan memasuki ruangan ruangan dengan beragam tema  al :

1.Great Gigantic Pumpkin.

 

Ini labu raksasa yang ditempatkan persis di dekat pintu masuk. Jadi begitu tiket discan, kalian bisa langsung berfoto di sini dulu.

IMG_0110[1]

2.Dots Obsession

Cirikhasnya si Kusama : polkadot. Kalau mau fotonya matching, coba deh dari rumah pake baju polkadot juga, pasti bagus.

IMG_0119[1]

IMG_0120[1]

3.Narcissus Garden.

Pernah kan baca cerita si Narcissus yang jatuh cinta sama dirinya sendiri karna terlalu ganteng sampai akhirnya mati gara gara terus memandangi bayangan dirinya di cermin? Nah terinspirasi dari cerita itu deh kayaknya narcissus garden ini.

IMG_9886

IMG_9861

4. Early Works

Ini merupakan karya awal Kusama sebagai seniman, dipengaruhi oleh tekanan yang dia alami di rumah, juga karna waktu itu Jepang sedang berusaha pulih dari kekalahan perang dunia II . Dia sering mengalami halusinasi dan seni adalah pelariannya.

IMG_0118[1]

5. Infinity Mirrored Room

Ini susah deh aku jelasinnya apa. Semacam ruangan berkaca yang dipenuhi dengan pantulan warna warni gitu deh.

12

IMG_9927

IMG_0112[1]

6. Body and Performance.
Nah ini khusus 18 tahun ke atas. Ada gambar gambar vulgar dan ada juga layar yang memutar video hubungan seksual secara vulgar. Kemarin senyum senyum sendiri saat ada sepasang kekasih serius banget nontonnya sampai duduk di bangku yang disediakan. wkwkwkww

IMG_0121[1].JPG

7. Net Paintings
Lukisan lukisan yang colorful.

IMG_0122[1]

IMG_0124[1]

8. Manhattan Suicide Addict

Nah di sini ada videonya si Kusama, cuma lihat sekilas karna buru buru mau antri ke spot yang lain

IMG_0125[1]

9.My Eternal Soul

Tema My Eternal Soul ini merupakan salah satu pusat pameran ini. Dinulai pada tahun 2009 dan kini berjumlah lebih dari 500 lukisan. Salah satu lukisan dalam seri ini Love is the Heart of a Rainbow (2017), juga dijadikan jadi judul pameran ini

13

IMG_0113[1]

10. Love Forever

Ini karya Kusama yang bercirikhas anak anak dalam gambar monokrom.

8

11. Experimental in Japan

Ini hasil karya Musaka setelah dia kembali ke Jepang tahun 1973, terinspirasi dari tanah airnya yang berubah drastis

IMG_9856

9

IMG_0128[1]

12. The Obliteration Room

Ruangan ini ada di lantai atas. Jadi kita mesti naik eskalator lagi. Nah ruangan ini awalnya polos, hanya warna putih aja, baik dinding, lantai, dan semua perabotan di dalam. Nah, setiap orang yang masuk akan diberi satu lembar kertas berisi tempelan bulat berwarna warni yang bisa kita tempeli di mana aja. Mau di lantai, di meja, di baju, di wajah, terserah. Nah, akhirnya lama kelamaan ruangan jadi penuh motif polkadot warna warni sampai warna putih di dinding tidak kelihatan lagi.

IMG_0108[1]

IMG_0111[1]

So, nunggu apalagi? Buruan ke sana. Kapan lagi punya foto keceh dengan bekgron unik untuk diupload ke ig? 😀 😀

 

2 thoughts on “Museum Macan : Pameran Karya Yayoi Kusama “Life is the heart of a rainbow”

  1. Kerenn .. reviewnya memuaskan buat org2 yg penapsaran sama museum ini hihi .. btw museum ini kan bnyak aturannya .. apa ada pengawasnya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s